Kumpul Komunitas dan KOL Lokal BBPMP Jawa Timur

Pada tanggal 19 hingga 21 Juni 2024, Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jawa Timur mengadakan sebuah acara penting bertajuk "Kumpul Komunitas KOL Lokal dalam Komunikasi Program Prioritas Ditjen PDM Provinsi Jawa Timur". Acara ini bertempat di Hotel Movenpick Kota Surabaya dan dihadiri oleh 40 peserta dari berbagai komunitas pendidikan dan literasi.

Kami, dari TBM Bintang Brilliant, berkesempatan menjadi salah satu peserta dalam acara ini. Selain kami, turut hadir komunitas lain seperti TBM Alam Riang, Sanggar Caraka Tuban, Komunitas Read Aloud Jawa Timur, Forum Lingkar Pena Jawa Timur, Forum PKBM Jawa Timur,  Komunitas Kampung Lali Gadget, Komunitas Guru Penggerak dan masih banyak lagi lainnya. 

Acara ini diselenggarakan oleh BBPMP Jawa Timur, yang sebelumnya dikenal sebagai Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Lembaga ini berubah nama setelah kebijakan baru dari Menteri Pendidikan dan merupakan gabungan juga Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah menyampaikan informasi tentang program prioritas Kemendikbudristek kepada Key Opinion Leaders (KOL) lokal dan komunitas. KOL adalah individu yang memiliki pengaruh signifikan di komunitasnya dan mampu menyebarkan informasi serta mempengaruhi opini publik. Dengan adanya acara ini, diharapkan KOL lokal dapat menjadi agen komunikasi yang efektif untuk mempublikasikan program-program prioritas tersebut.

Materi dan Narasumber



Selama tiga hari, para narasumber berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam beberapa sesi yang sangat informatik. Ada selingan diskusi seru diantara materi-materi tersebut. 

1. Kebijakan Pemerintah Kota Surabaya dalam Mendukung Aktivitas Komunitas Pegiat Pendidikan

Disampaikan oleh Pejabat Struktural Dinas Pendidikan Kota Surabaya, sesi ini menjelaskan dukungan pemerintah kota dalam mendukung berbagai komunitas pendidikan.

2. Program Prioritas Kemdikbudristek dan Program Prioritas Ditjen PDM

BBPMP Jawa Timur memberikan penjelasan mendalam tentang program prioritas yang dijalankan oleh Kemdikbudristek dan Ditjen PDM. Hal ini memberikan panduan bagi komunitas untuk mendukung inisiatif pemerintah. 

3. Peran Komunitas dalam Mendukung Program Merdeka Belajar

Cak Mus dari Komunitas Kampung Dolanan berbicara tentang pentingnya peran komunitas dalam mendukung program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah.

4. Praktik Baik Komunitas dalam Mendukung Program Merdeka Belajar

Pengurus Komunitas Ibu Profesional membagikan pengalaman mereka dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar di komunitas mereka.

5. Membangun Story Telling untuk Media Sosial

Pak Mamuk, dosen dari Universitas Airlangga yang merupakan perwakilan dari Media Metanesia, mengajarkan teknik bercerita yang efektif untuk media sosial, membantu komunitas meningkatkan komunikasi dan publikasi program-program mereka.

Pengalaman dan Manfaat

Selama tiga hari acara berlangsung, kami dari TBM Bintang Brilliant mendapatkan banyak pengalaman berharga. Kami bertukar pikiran dan berdiskusi dengan berbagai komunitas lain yang memiliki visi dan misi yang sama dalam memajukan pendidikan. Hal ini memberikan kami semangat baru dan ide-ide segar yang dapat diterapkan di komunitas kami.

Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat jaringan antar komunitas pendidikan dan literasi di Jawa Timur. Kami berharap, kolaborasi yang terbentuk dari acara ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang nyata bagi peningkatan kualitas pendidikan di provinsi ini

Secara keseluruhan, acara "Kumpul Komunitas KOL Lokal dalam Komunikasi Program Prioritas Ditjen PDM Provinsi Jawa Timur" ini sangat bermanfaat dan inspiratif. Kami berharap kegiatan serupa dapat terus diadakan untuk memperkuat kolaborasi antar komunitas dan mendukung peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Kami, dari TBM Bintang Brilliant, berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam upaya memajukan literasi dan pendidikan di daerah kami.

Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.